(RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMP / MTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester          : VIII / 2
Alokasi Waktu            : 2 x 40 Menit
Kompetensi
Inti :
1.     
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.     
Menghargaidan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.     
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.     
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar     :
3.16 Menelaah karakterikstik unsur dan kaidah kebahasaan dalam
teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.
Indikator :
1.     
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang telah ditonton
dalam bentuk pentas
2.     
Mengidentifikasi
kaidah kebahasaan yang dipakai dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang telah
ditonton dalam bentuk pentas.
Tujuan pembelajaran :
1.     
Siswa
dapat menyebutkan 5 unsur-unsur yang terdapat dalam drama “KARAENG
PATTINGALOANG” yang telah ditonton
2.     
Siswa
dapat mengidentifikasi 2 kaidah kebahasaan yang dipakai dalam drama “KARAENG
PATTINGALOANG”  yang telah ditonton
Materi pembelajaran :
1.     
Unsur-unsur
dan kaidah kebahasaan drama 
2.     
Menonton
pertunjukan drama atau teater
Alokasi waktu :
2 x 40 menit
Metode pembelajaran :
1.     
Partisipatorik
2.     
Metode
ceramah plus Tanya jawab
3.     
Metode
inquiry
Sumber belajar dan media
pembelajaran :
Sumber :
Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia
2017. Kurikulum 2013. Bahasa Indonesia SMP / MTS kelas VII.
Media pembelajaran :
Lapto, LCD, MP4 atau video drama (teater)
Langkah-langkah pembelajaran
| 
   
NO 
 | 
  
   
KEGIATAN 
 | 
  
   
METODE 
 | 
  
   
ALOKASI WAKTU 
 | 
 
| 
   
1.
   
 | 
  
   
Kegiatan Awal 
·        
  Guru
  membuka pelajaran dengan mengucapkan salam 
·        
  Guru
  melakukan perkenalan 
·        
  Guru
  mengabsen siswa 
·        
  Menjelaskan
  tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai 
·        
  Menyampaikan
  cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan 
 | 
  
   
Partisipatorik 
 | 
  
   
1 x 20 menit 
 | 
 
| 
   
2.
   
 | 
  
   
Kegiatan Inti 
·        
  Guru
  menjelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam drama 
·        
  Guru
  menjelaskan kaidah kebahasaan dalam drama 
·        
  Secara
  individu siswa dapat bertanya jika ada penjelasan guru yang kurang dipahami 
·        
  Guru
  memperlihatkan sebuah video  
drama/teater “KARAENG PATTINGALOANG” 
·        
  Guru
  memerintahkan agar siswanya menulis informasi berupa unsur-unsur drama dan
  kaidah kebahasaan yang tedapat dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang akan
  ditonton 
·        
  Siswa
  melihat video drama/teater “KARAENG PATTINGALOANG”  secara cermat 
·        
  Secara
  individu siswa dapat mengumpulkan informasi berupa unsur-unsur drama dan
  kaidah kebahasaan dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang ditonton 
·        
  Siswa
  dapat membandingkan hasil informasi yang ia dapatkan dengan temannya 
·        
  Siswa
  dapat menelaah kembali kumpulan informasi yang telah ia dapatkan 
 | 
  
   
Ceramah plus Tanya jawab 
inqury 
 | 
  
   
1 x 40 menit 
 | 
 
| 
   
3.
   
 | 
  
   
Kegiatan Akhir 
·        
  Guru
  menunjuk satu siswa yang dapat membacakan catatan informasi yang telah
  diperolah 
·        
  Guru
  dan siswa menyimpulkan unsur-unsur dan kaidah kebahasaan yang terdapat dalam
  drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang telah ditonton 
·        
  Guru
  memerintahkan siswanya untuk mengumpulkan catatan berupa unsur-unsur dan
  kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” 
·        
  Guru
  menutup pelajaran dengan mengucapkan salam 
 | 
  
   
Partisipatorik 
 | 
  
   
1 x 20 menit 
 | 
 
Penilaian
:
1.      Penilaian Sikap Sosial dan Spiritual
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama siswa 
 | 
  
   
Religious (menghargai penggunaan
  bahasa inonesia) 
 | 
  
   
Santun 
 | 
  
   
Percaya Diri 
 | 
  
   
Tanggung Jawab 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 ||||||||||||
| 
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
  
   
1 
 | 
  
   
2 
 | 
  
   
3 
 | 
  
   
4 
 | 
 |||
| 
   
1. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
3. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Dst. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
Catatan :
Ø  Religious 
a.      
Berdoa
sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu
b.     
Bersyukur
atas nimat dan karunia tuhan yang maha esa
c.      
Memberi
salam pada saat awal dan akhir kegiatan sesuai agama yang dianutnya
d.     
Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia
Ø  Tanggung Jawab
a.      
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.     
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
c.      
Tidak
menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.     
Mengembalikan
barang yang dipinjam
e.      
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
Ø  Santun 
a.      
Menghormati
orang yang lebih tua
b.     
Menggunakan
bahasa yang santun saat menyampaikan pendapat
c.      
Menggunakan
bahasa yang santun saat menanggapi pendapat teman
d.     
Tidak
menyela pembicara
e.      
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
f.      
Bersikap
3S (senyum, salam, sapa)
Ø  Percaya Diri
a.      
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
b.     
Mampu
membuat keputusan dengan cepat
c.      
Berani
presentasi di depan kelas
d.      Berani berpendapat, bertanya atau
menjawab pertanyaan.
Rubik Penilaian Sikap
| 
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan adanya usaha
  sungguh-sungguh dalam melakukan keguatan secara terus-menerus dan konsisten 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan adanya usaha
  sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai
  konsisten 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
Menunjukkan adanya usaha
  sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum
  konsisten 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Sama sekali tidak menunjukkan
  usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan 
 | 
  
   
1 
 | 
 
2.      Penilaian Proses
Mengamati terhadap aktivitas siswa
proses selama belajar-mengajar berlangsung.
Format penilaian
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Kerja sama (0-5) 
 | 
  
   
Inisiatif (0-5) 
 | 
  
   
Disiplin (0-5) 
 | 
  
   
Rentang Skor Perolehan (5-15) 
 | 
  
   
Jumlah
  Skor 
 | 
 
| 
   
1.  
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
2.  
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
| 
   
Dst. 
 | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
  
   | 
 
3.      Penilaian Hasil
Ø  Tulislah 5 unsur-unsur dan 2 kaidah
kebahasaan dalam darama yang telah Anda tonton!
| 
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
siswa menulis 5 unsur-unsur
  drama dan 2 kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
siswa menulis 4 unsur-unsur
  drama dan 2 kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
siswa menulis 3 unsur-unsur
  drama dan 1 kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
siswa menulis 1 unsur-unsur
  drama dan 1 kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama 
 | 
  
   
1 
 | 
 
Ø  Jelaskan 3 unsur-unsur dan 1 kaidah
kebahasaan dari drama yang telah Anda tonton!
| 
   
Kegiatan 
 | 
  
   
Skor 
 | 
 
| 
   
Siswa menjelaskan 3 unsur-unsur
  dan 1 kaidah kebahasaan dalam drama 
 | 
  
   
4 
 | 
 
| 
   
Siswa menjelaskan 2 unsur-unsur
  dan 1 kaidah kebahasaan dalam drama 
 | 
  
   
3 
 | 
 
| 
   
Siswa menjelaskan 1 unsur-unsur
  dan 1 kaidah kebahasaan dalam drama 
 | 
  
   
2 
 | 
 
| 
   
Siswa menjelaskan 1 unsur-unsur
  dan tidak menjelaskan kaidah kebahasaan dalam drama 
 | 
  
   
1 
 | 
 
Perhitungan nilai skor yang diperoleh:
                                    Perolehan
skor
            Nilai
akhir    =
--------------------------      x 100
Skor maksimal
                                                                                    Makassar, ………………….. 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah…,                                                      Guru Mata Pelajaran
………………..                                                          …………………..
NIP                                                                             NIP

0 Komentar