(RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP / MTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VIII / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
Kompetensi
Inti :
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargaidan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi
Dasar :
3.16 Menelaah karakterikstik unsur dan kaidah kebahasaan dalam
teks drama yang berbentuk naskah atau pentas.
Indikator :
1.
Menentukan
unsur-unsur yang terdapat dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang telah ditonton
dalam bentuk pentas
2.
Mengidentifikasi
kaidah kebahasaan yang dipakai dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang telah
ditonton dalam bentuk pentas.
Tujuan pembelajaran :
1.
Siswa
dapat menyebutkan 5 unsur-unsur yang terdapat dalam drama “KARAENG
PATTINGALOANG” yang telah ditonton
2.
Siswa
dapat mengidentifikasi 2 kaidah kebahasaan yang dipakai dalam drama “KARAENG
PATTINGALOANG” yang telah ditonton
Materi pembelajaran :
1.
Unsur-unsur
dan kaidah kebahasaan drama
2.
Menonton
pertunjukan drama atau teater
Alokasi waktu :
2 x 40 menit
Metode pembelajaran :
1.
Partisipatorik
2.
Metode
ceramah plus Tanya jawab
3.
Metode
inquiry
Sumber belajar dan media
pembelajaran :
Sumber :
Kementrian pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia
2017. Kurikulum 2013. Bahasa Indonesia SMP / MTS kelas VII.
Media pembelajaran :
Lapto, LCD, MP4 atau video drama (teater)
Langkah-langkah pembelajaran
NO
|
KEGIATAN
|
METODE
|
ALOKASI WAKTU
|
1.
|
Kegiatan Awal
·
Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam
·
Guru
melakukan perkenalan
·
Guru
mengabsen siswa
·
Menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
·
Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
|
Partisipatorik
|
1 x 20 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
·
Guru
menjelaskan unsur-unsur yang terdapat dalam drama
·
Guru
menjelaskan kaidah kebahasaan dalam drama
·
Secara
individu siswa dapat bertanya jika ada penjelasan guru yang kurang dipahami
·
Guru
memperlihatkan sebuah video
drama/teater “KARAENG PATTINGALOANG”
·
Guru
memerintahkan agar siswanya menulis informasi berupa unsur-unsur drama dan
kaidah kebahasaan yang tedapat dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang akan
ditonton
·
Siswa
melihat video drama/teater “KARAENG PATTINGALOANG” secara cermat
·
Secara
individu siswa dapat mengumpulkan informasi berupa unsur-unsur drama dan
kaidah kebahasaan dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang ditonton
·
Siswa
dapat membandingkan hasil informasi yang ia dapatkan dengan temannya
·
Siswa
dapat menelaah kembali kumpulan informasi yang telah ia dapatkan
|
Ceramah plus Tanya jawab
inqury
|
1 x 40 menit
|
3.
|
Kegiatan Akhir
·
Guru
menunjuk satu siswa yang dapat membacakan catatan informasi yang telah
diperolah
·
Guru
dan siswa menyimpulkan unsur-unsur dan kaidah kebahasaan yang terdapat dalam
drama “KARAENG PATTINGALOANG” yang telah ditonton
·
Guru
memerintahkan siswanya untuk mengumpulkan catatan berupa unsur-unsur dan
kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama “KARAENG PATTINGALOANG”
·
Guru
menutup pelajaran dengan mengucapkan salam
|
Partisipatorik
|
1 x 20 menit
|
Penilaian
:
1. Penilaian Sikap Sosial dan Spiritual
No
|
Nama siswa
|
Religious (menghargai penggunaan
bahasa inonesia)
|
Santun
|
Percaya Diri
|
Tanggung Jawab
|
Skor
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Ø Religious
a.
Berdoa
sebelum dan sesudah menjalankan sesuatu
b.
Bersyukur
atas nimat dan karunia tuhan yang maha esa
c.
Memberi
salam pada saat awal dan akhir kegiatan sesuai agama yang dianutnya
d.
Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai bangsa Indonesia
Ø Tanggung Jawab
a.
Melaksanakan
tugas individu dengan baik
b.
Menerima
resiko dari tindakan yang dilakukan
c.
Tidak
menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
d.
Mengembalikan
barang yang dipinjam
e.
Meminta
maaf atas kesalahan yang dilakukan
Ø Santun
a.
Menghormati
orang yang lebih tua
b.
Menggunakan
bahasa yang santun saat menyampaikan pendapat
c.
Menggunakan
bahasa yang santun saat menanggapi pendapat teman
d.
Tidak
menyela pembicara
e.
Mengucapkan
terima kasih setelah menerima bantuan orang lain
f.
Bersikap
3S (senyum, salam, sapa)
Ø Percaya Diri
a.
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
b.
Mampu
membuat keputusan dengan cepat
c.
Berani
presentasi di depan kelas
d. Berani berpendapat, bertanya atau
menjawab pertanyaan.
Rubik Penilaian Sikap
Kegiatan
|
Skor
|
Menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan keguatan secara terus-menerus dan konsisten
|
4
|
Menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai
konsisten
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha
sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum
konsisten
|
2
|
Sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan
|
1
|
2. Penilaian Proses
Mengamati terhadap aktivitas siswa
proses selama belajar-mengajar berlangsung.
Format penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Kerja sama (0-5)
|
Inisiatif (0-5)
|
Disiplin (0-5)
|
Rentang Skor Perolehan (5-15)
|
Jumlah
Skor
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
3. Penilaian Hasil
Ø Tulislah 5 unsur-unsur dan 2 kaidah
kebahasaan dalam darama yang telah Anda tonton!
Kegiatan
|
Skor
|
siswa menulis 5 unsur-unsur
drama dan 2 kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama
|
4
|
siswa menulis 4 unsur-unsur
drama dan 2 kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama
|
3
|
siswa menulis 3 unsur-unsur
drama dan 1 kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama
|
2
|
siswa menulis 1 unsur-unsur
drama dan 1 kaidah kebahasaan yang terdapat dalam drama
|
1
|
Ø Jelaskan 3 unsur-unsur dan 1 kaidah
kebahasaan dari drama yang telah Anda tonton!
Kegiatan
|
Skor
|
Siswa menjelaskan 3 unsur-unsur
dan 1 kaidah kebahasaan dalam drama
|
4
|
Siswa menjelaskan 2 unsur-unsur
dan 1 kaidah kebahasaan dalam drama
|
3
|
Siswa menjelaskan 1 unsur-unsur
dan 1 kaidah kebahasaan dalam drama
|
2
|
Siswa menjelaskan 1 unsur-unsur
dan tidak menjelaskan kaidah kebahasaan dalam drama
|
1
|
Perhitungan nilai skor yang diperoleh:
Perolehan
skor
Nilai
akhir =
-------------------------- x 100
Skor maksimal
Makassar, ………………….. 2019
Mengetahui
Kepala Sekolah…, Guru Mata Pelajaran
……………….. …………………..
NIP NIP
0 Komentar